Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Ampuh dan Cepat Secara Alami

Tidak mampu dipungkiri lagi bahwasannya jumlah populasi tikus di Indonesia ini memang terbilang cukup besar. Sehingga banyak orang juga yang mencari bagaimana cara mengusir tikus dari rumah yang ampuh dan cepat. Pada umumnya kita sering menemukan tikus berada di tempat yang kotor di lingkungan kita.

Adapun tempat yang sering ditempati tikus bersarang dan berkembang biak adalah plafon, got, sawah, gudang, pasar, loteng dan tempat kotor lainnya. Namun jika tikus-tikus ini sudah masuk kedalam rumah, tentu akan menjadikan problematika yang mengganggu kehidupan dan ketenangan.

Problematika tersebut dipicu karena tikus merupakan jenis hewan mamalia yang kotor dan mampu memicu timbulnya penyakit. Selain itu juga sebagian besar masyarakat merasakan mengusir tikus itu bukanlah suatu perkara yang mudah dilakukan.

Hewan mamalia pengerat ini sering kali merasa menjengkelkan. Selain menjadi salah satu sumber penyakit, tikus juga mampu merusak peralatan rumah tangga, seperti kabel telepon, kabel listrik, kasur, kursi, dan perabotan rumah tangga yang lainnya.

Banyak sekali pemusnah tikus yang ditawarkan, mulai dari racun tikus sampai penjebak tikus. Penjebak juga tidak jarang menjadi tidak efektif saat tikus sudah “tahu” akan metode jebakannya. Sementara itu meracuni tikus juga tidak serta merta mampu menyelesaikan masalah.

Karena tikus tidak langsung mati terbunuh ketika ia makan racun. Membutuhkan waktu agar tikus menjadi mati. Nah, sering sekali tikus mati pada tempat-tempat yang tidak terjangkau, sehingga membuat bau yang tidak sedap di dalam rumah.

Sebab hewan mamalia ini tergolong hewan yang cerdik untuk melarikan diri ketika sedang dijebak, sehingga sulit ditangkap. Namun kini Kita tidak perlu cemas lagi, karena tokotoko.id akan membagikan bagaimana cara mengusir tikus dari rumah dengan ampuh dan cepat.

Kira-kira cara mengusir tikus dari rumah itu ada apa saja ya? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Ampuh

Tikus adalah hewan mamalia yang mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Dan adanya hal tersebut sangat perlu untuk kita waspadai, jangan sampai tikus malah berkembang biak didalam rumah kita. Adanya tikus yang sudah bersarang di rumah pastinya harus segera diusir supaya kesehatan Kita dan keluarga tidak terganggu.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengusir tikus dari rumah, berikut ini beberapa cara yang bisa Kita lakukan.

1. Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka

cara mengusir tikus dengan cuka
http://premama-check.com/

Cara yang pertama Kami menjelaskan tentang bagaimana cara mengusir tikus dengan cuka. Tikus secara alami memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap cuka. Maka dari itu Kita akan mengusir tikus dari dalam rumah dengan memanfaatkan cuka.

Persiapan:

  1. Cuka
  2. Bola Kapas
  3. Mangkuk
  4. Sarung Tangan Karet/Plastik

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan lantai pada setiap ruang dan sudut sudut rumah yang biasa ditempati tikus maupun tempat yang mampu mengundang tikus. Hal yang dapat mengundang tikus seperti sirup yang tumpah, sisa makanan, dan tempat yang kotor terutama dapur.
  2. Setelah dibersihkan, pel/lap area tersebut menggunakan cuka sebelum kemudian dibersihkan menggunakan air bersih.
  3. Gunakan sarung tangan kemudian ambil bola kapas dan lumuri dengan air cuka.
  4. Taruh bola kapas yang sudah dilumuri dengan cuka pada setiap tempat yang biasanya sebagai sarang maupun jalur tikus untuk masuk ke dalam rumah.
  5. Kontrol secara rutin bola kapas yang sudah kita taruh di setiap sudut ruangan. Apabila bola kapas ditemukan sudah dalam keadaan kering dan tidak berbau cuka, maka ganti bola kapas lumuran cuka yang baru.

2. Cara Mengusir Tikus Dengan Kulit Telur

cara mengusir tikus dengan kulit telur
https://img.gawkerassets.com/

Cara yang kedua Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan kulit telur. Ternyata kulit telur bisa mengurangi tikus maupun hama seperti semut dan kecoa. Maka dari itu jangan buang kulit telur ke dalam tempat sampah, tapi manfaatkan untuk mengusir hama.

Selain itu juga kulit telur bisa juga digunakan untuk pupuk organik yang terdapat kandungan kalsium. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak persiapan dan langkah langkahnya.

Persiapan:

  1. Kulit Telur
  2. Blender/Tumbukan

Langkah-langkah:

  1. Jemur/oven kulit telur agar kering.
  2. Setelah kering, giling kulit telur sampai hancur menjadi bubuk/serbuk.
  3. Taburkan bubuk kulit telur tadi pada area yang biasa dihinggapi tikus.

3. Cara Mengusir Tikus Dengan Kantung Teh

cara mengusir tikus dengan kantung teh
http://i.gzn.jp/

Cara yang ketiga Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan kantung teh. Apabila Kamu merupakan peminum teh, pastikan bahwa Kamu tidak membuang kantung teh yang sudah dipakai. Sebab kantung teh tersebut bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Bagaimana kantung teh bisa mengusir tikus? Kantung teh mampu mengusir tikus disebaban karena kandungan papermint dalam kantung teh mampu membuat iritasi pada hidung tikus. Sehingga mampu membuat indra pencium tikus ini tidak berfungsi dengan baik, berikut caranya.

Persiapan:

  1. Kantung Teh Bekas

Langkah-langkah:

  1. Cari area yang biasa disarangi tikus.
  2. Tempatkan kantung teh pada area yang biasa digunakan untuk sarang tikus.

4. Cara Mengusir Tikus Dengan Daun Sirsak

cara mengusir tikus dengan daun sirsak
http://familinia.com/

Cara yang keempat Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan daun sirsak. Di dalam daun sirsak ini mengandung zat perangsang yang mampu mengeluarkan aroma yang sangat tidak disukai oleh tikus. Sehingga bisa membuat tikus-tikus itu tidak lagi mendatangi rumah Kita.

Mengusir tikus dengan daun sirsak selain ramah lingkungan juga mampu menimbulkan efek jera pada tikus-tikus tersebut. berikut persiapan dan langkah-langkahnya.

Persiapan:

  1. Daun Sirsak Muda/Tua
  2. Tumbukan

Langkah-langkah:

  1. Ambillah beberapa lembar daun sirsak.
  2. Tumbuk/sobek-sobek daun sirsak agar mengeluarkan aroma yang dibenci tikus.
  3. Taruh pada area yang biasanya ditempai tikus bersarang.
  4. Kontrol, setelah daun kering ganti dengan yang baru.

5. Cara Mengusir Tikus Dengan Buah Bintaro

cara mengusir tikus dengan buah bintaro
http://i48.tinypic.com/

Cara yang kelima Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan buah bintaro. Buah bintaro atau Cerbera manghas merupakan tanaman yang sering dijumpai pada daerah pesisir pantai yang biasa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh.

Buah bintaro biasa disebut dengan Mangga laut, karena apabila diperhatikan bentuk buahnya mirip seperti buah mangga. Setelah kulit terluar terdapat lapisan berupa serat mirip seperti sabut kelapa serta kemudian biji.

Untuk rasa buah bintaro jangan ditanya dan jangan pernah dicoba, sebab didalam tanaman ini mengandung racun. Bukan hanya pada buahnya saja, namun juga terdapat pada daun serta getahnya.

Racun yang ada di dalam buah bintaro cukup kuat, karena bisa mengakibatkan terganggunya kinerja detak jantung manusia. Sehingga buah bintaro ini bisa menyebabkan kematian.

Karena saking kuatnya kandungan racun yang yang ada pada buah bintaro, mampu membuat tikus takut untuk mendekati buah ini. Sehingga Anda bisa dengan cukup menaruh buah bintaro pada sarang tikus.

Namun jika dirasa kurang ampun Anda bisa menggunakan car berikutnya. Adapun cara mengusir tikus dengan buah bintaro berikutnya adalah seperti berikut.

Persiapan:

  1. Buah Bintaro
  2. Pisau
  3. Masker
  4. Nampan Korek

Langkah-langkah:

  1. Siapkan buah bintaro.
  2. Belah menjadi 4 dengan menggunakan pisau.
  3. Taruh pada nampan dan keringkan.
  4. Setelah kering Anda bisa membakar buah bintaro kering tersebut, tapi jangan lupa untuk memakai masker.
  5. Dengan cara dibakar tersebut maka asap beracun dari buah bintaro bisa masuk ke sela-sela yang sulit untuk dijangkau.

6. Cara Mengusir Tikus Dengan Kapur Barus

cara mengusir tikus dengan kapur barus
https://s1.bukalapak.com/

Cara yang keenam Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan kapur barus. Pada dasarnya hama tikus tidak menyukai bau-bauan yang harum dan menyengat seperti kapur barus. Dengan adanya hal tersebut Kita bisa memanfaatkannya untuk sistem mengusir tikus.

Cara mengusir tikus dengan kapur barus terbilang mudah, cuma dengan menaruh kapur barus pada daerah yang sering dilewati dan disarangi tikus. Maka dengan demikian, hewan mamalia pengerat mengesalkan ini akan merasa terganggu.

Sehingga akan memilih pindah tempat dan pergi dari rumah.

Persiapan:

  1. Kapur Barus

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan tempat yang biasa digunakan tikus untuk bersarang.
  2. Anda bisa menaruh kapr barus pada tempat-tempat yang biasa di sarangi tikus dan kemungkinan disarangi tikus.

7. Cara Mengusir Tikus Dengan Ponsel

cara mengusir tikus dengan ponsel
https://4.bp.blogspot.com/

Cara yang ketujuh Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan ponsel. Nah, apakah Kamu termasuk kedalam salah satu orang yang kesal dengan populasi tikus yang ada di dalam rumah? Sudah memakai racun dan jebakan tikus, namun tikus tetap saja tidak mau pergi? Mungkin Kamu perlu untuk mencoba beberapa aplikasi suara pengusir tikus dari Android yang direkomendasikan oleh Tokotoko.id berikut ini!

Persiapan:

  1. HP Android
  2. Paket Data

Langkah-langkah:

  1. Siapkan HP Android yang tersambung internet.
  2. Masuk Play Store.
  3. Cari Aplikasi Pengusir Tikus.
  4. Install.
  5. Setelah di install Kamu bisa coba untuk mengusir tikus.

8. Cara Mengusir Tikus Dengan Buah Mengkudu

cara mengusir tikus dengan mengkudu
https://www.oralucu.com/

Cara yang kedelapan Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan buah mengkudu. Buah mengkudu memang sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan pada tubuh kita. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah mengkudu juga mampu menjadi buah pengusir tikus.

Kamu masih bingung bagaimana cara mengusir tikus dengan buah mengkudu? Berikut ulasannya!

Persiapan:

  1. Buah Mengkudu
  2. Pisau
  3. Wadah

Langkah-langkah:

  1. Persiapkan buah mengkudu.
  2. Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian sampai aroma dari buah mengkudu keluar.
  3. Letakkan potongan buah mengkudu pada tempat-tempat yang biasa disarangi tikus.
  4. Kontrol menkudi tiap minggu, jika sudah kering langsung ganti dengan potongan mengkudu yang baru.

9. Cara Mengusir Tikus Dengan Suara

cara mengusir tikus dengan suara (1)
http://alatusirtikus.com/

Cara yang kesembilan Kami akan menjelaskan bagaimana cara mengusir tikus dengan suara dari alat ultrasonik pengusir tikus. Alat pengusir tikus ini sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih. Yaitu dengan memanfaatkan aliran gelombang ultrasonic yang bisa mengganggu dan mengusir tikus, kecoa, semut, dan juga nyamuk.

Penggunaan alat ini sangatlah praktis dan sangat mudah untuk digunakan. Tak ada efek yang mengganggu karena tanpa asap, tanpa suara dan cukup sekali beli bisa untuk dipakai berulang kali. Sangat berbeda dengan menggunakan racun tikus yang penggunannya hanya bisa digunakan dalam sekali.

Persiapan:

  1. Persiapkan Alat
  2. Paku
  3. Palu

Langkah-langkah:

  1.  Pasang alat alat ke dinding agar jauh dari jangkauan anak-anak.
  2. Hubungkan alat kealiran listrik supaya memancarkan gelombang ultrasonic yang aman bagi manusia dan lingkungan sekitar. Kekuatan gelobang suara ini frekuensinya di atas 20 kiloHertz. Sehingga tidak bisa dijangkau telinga manusia dan hanya bisa didengar oleh beberapa jenis hewan. Tinggal dicolokkan ke listrik alat ini akan melindungi Anda sekaluarga dari tikus dengan radius 200 meter persegi tanpa tempok penghalang.

10. Cara Mengusir Tikus Dengan Lada Hitam/Merica

cara mengusir tikus
https://img.okezone.com/

Ternyata ada salah satu cara jitu untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk lada hitam pada ruangan yang sering di kunjungi tikus. Tikus tidak menyukai aroma serta rasa pedas yang dikeluarkan oleh lada atau merica. Jadi berikut ini cara efektif untuk mengusir si tikus jauh-jauh dari dapur atau rumah anda.

Perlengkapan:

  1. Lada Hitam/Merica

Langkah-langkah:

  1. Siapkan merica.
  2. Taburkan lada hitam pada tempat-tempat di yang kamu sering untuk sarang tikus. Hal ini akan membuat mereka kabur dan pergi.

11. Cara Mengusir Tikus Dengan Kopi

cara mengusir tikus
https://hellosehat.com/

Tikus mem[unyai indera penciuman yang sangat tajam, dengan adanya itu kita dapat memanfaatkan kelebihan makhluk tersebut untuk mengusirnya, yakni dengan menebar bebauan yang tidak disukainya, yang salah satunya adalah bubuk kopi.

Pada prinsipnya, tikus sering melacak jejaknya dari bebauan yang ditinggalkannya pada jalur mereka memasuki rumah kita. Dengan menabur bubuk kopi, tikus tidak hanya akan kesulitan melacak jejaknya, namun juga enggan berlama-lama di seputar bebauan tersebut.

Untuk mengusir tikus dengan bubuk kopi, kita bisa menyiapkan beberapa bahan yang cukup mudah diperoleh yaitu bubuk kopi itu sendiri. Adapun langkah-langkah mengusir tikus yang sering bertandang ke rumah kita  adalah sebagai berikut:

Persiapan:

  1. Bubuk Kopi

Langkah-langkah:

  1. Siapkan bubuk kopi yang memiliki aroma menyengat;
  2. Cari lokasi di sekitar rumah sobat yang sering dilalui tikus;
  3. Tebarkan bubuk kopi tersebut di jalur yang sering dilalui tikus tersebut.

12. Cara Mengusir Tikus Dengan Buah Simpalak

cara mengusir tikus
https://ecs7.tokopedia.net/

Dalam satu butir buah simpalak ternyata terdapat kandungan racun serta senyawa cermin yang kandungannya sangat tinggi. Racun yang dihasilkan dari dalam buah simpalak ini memang sangat kuat sehingga bagi siapa pun yang secara tidak sengaja mengonsumsi buah ini.

Bisa-bisa akan berakibat resiko yang fatal, bahkan bisa sampai pada terjadinya kematian. Untuk mengusir hewan tikus, tidak perlu dengan membelah maupun mengolah buah ini menjadi ramuan tertentu. Masih bingung cara mengusir tikus dengan buah simpalak? berikut ini caranya:

Persiapan:

  1. Sarung Tangan
  2. Buah Simpalak

Langkah-langkah:

  1. Gunakan sarung tangan untuk memegang buah simalak agar terhindar dari racun.
  2. Cukup meletakkan buah ini di sudut atau tempat-tempat yang sering dilewati tikus, misalnya di dapur, kamar mandi, atau di plafon. Meski hanya diletakkan saja, buah ini mampu mengusir tikus. Aroma buahnya yang tidak disukai tikus membuat mereka tidak akan datang kembali.

13. Cara Mengusir Tikus Dengan Bawang Putih

cara mengusir tikus
http://cdn0-a.production.images.static6.com/

Apabila diri Anda sering menonton adegan film Mandarin, sudah pasti diri Anda hafal kalau bumbu dapur merupakan salah satu benda yang dianggap bisa untuk mengusir vampir. Di dunia nyata khasiat bawang putih ternyata lebih ampuh untuk digunakan sebagai pengusir tikus-tikus yang membandel dansuka tinggal didalam rumah.

Adapun caranya sebagai berikut:

Persiapan:

  1. Bawang Putih
  2. Pisau
  3. Wadah
  4. Kain Kasa

Langkah-langkah:

  1. Potong bawang putih menjadi beberapa irisan tipis.
  2. Kemudian, bungkuslah irisan bawah putih tadi dengan kain kasa.
  3. Letakkan irisan bawang putih pada area yang sering dilalui tikus.
  4. Tunggu dalam beberapa hari kemudian, tikus-tikus yang bandel tersebut pasti tidak lewat lagi.

14. Cara Mengusir Tikus Dengan Belerang Jengkol

cara mengusir tikus
https://aws-dist.brta.in/

Diduga pada biji jengkol mengandung zat racun ureum yang bisa terlarut pada larutan. Kemudian menguap serta meracuni tikus-tikus yang menghirupnya. Asam jengkolat juga mampu mengikat unsur belerang (sulfur) yang terlarut pada air rendaman.

Mamalia tikus yang telah diberi dosis ekstrak sebesar 200 g dan 400 g akan lebih cepat mati sebab larutan lebih encer. Sehingga senyawa racun itu cepat menguap yang kemudia meracuni tikus. Sementara besar dosis 600 g dan juga 800 g lebih pekat sehingga sulit untuk menguap.

Namun, efek pada racun jengkol dengan dosis yang pekat malah lebih ganas. Karena bisa mengakibatkan leher dan perut tikus menjadi bengkak.

Sejumlah literatur juga telah menyebutkan bahwa senyawa pada kelompok alkaloid seperti minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin dan saponin. Yang terdapat pada jengkol memeiliki peran sebagai rodentisida serta insektisida. Paduan pada senyawa itu mampu mengeluarkan aroma yang tajam sehingga mampu menghambat selera makan tikus, dan menjadi toksik bagi hama dalam kadar tinggi.

Pantas kalau istilah terjadinya keracunan jengkol bukan memonopoli pada hama saja. Ternyata jengkol pun mampu meracuni diri manusia. Buah jengkol hanya aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak apabila buahnya sudah diperam di tanah untsebagai penetralan racun.

Berbeda dengan cara racun maupun perangkap, dengan menggunakan jengkol tidak akan membunuh tikus. Kandungan aroma yang dikeluarkan oleh jengkol membuat menjadi tikus tidak betah.

Persiapan:

  1. Jengkol
  2. Blender
  3. Wadah/Semprotan

Langkah-langkah:

  1. Hancurkan kulit jengko.
  2. Larutkannya kedalam air.
  3. Semprotkan larutan kulit jengkol pada tempat yang biasa menjadi sarang tikus.

15. Cara Mengusir Tikus Dengan Buah Maja

cara mengusir tikus
https://i1.wp.com/

Ternyata buah buah maja bisa digunakannya untuk pengusir tikus yang bersarang di rumah. Buah maja bisa untuk pengusir tikus karena lagi-lagi pada buah maja ada kandungan zat yang bisa membuat tikus-tikus itu “kabur”. Hal itu karena mungkin pada indera penciumannya menangkap zat bau yang kurang disukai tikus.

Persiapan:

  1. Buah Maja

Langkah-langkah:

  1. Caranya mudah yaitu cukup menaruh saja buah tersebut di daerah yang sering disinggahi oleh tikus.

16. Cara Mengusir Tikus Dengan Cengkeh

cara mengusir tikus
http://www.solusisehatku.com/

Cengkeh memang mempunyai aroma yang harum dan sangat disukai sebagian kalangan manusia. Tetapi hal tersebut tidaklah berlaku pada tikus, sebab para tikus ini sangat tidak suka dengan aroma dari dalam cengkeh. Adapun caranya mengusir tikus dengan cengkeh adalah sebagai berikut:

Persiapan:

  1. Daun cengkeh
  2. Kain Kasa

Langkah-langkah:

  1. Keringkan daun cengkeh dengan kain kasa.
  2. Kemudian letakkan cengkeh pada setiap tempat yang biasa menjadi jalan dan sarang tikus.

17. Cara Mengusir Tikus Dengan Daun Mint

cara mengusir tikus
https://img.okezone.com/

Daun mint bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengusir hama tikus yang efektif. Caranya adalah dengan mencampurkan air dan daun mint. Kemudian semprotkan campuran tadi pada tempat-tempat yang sering menjadi sarang tikus dan jalan-jalan yang sering dilalui oleh tikus.

Para tikus biasanya membenci aroma mentol yang keluar dari dalam daun mint. Tanaman mint ini bisa ditanam pada pekarangan rumah serta menebarkan aroma mentol yang sifatnya tidak disukai oleh tikus.

Persiapan:

  1. Air
  2. Daun Mint
  3. Tumbukan/Blender
  4. Air secukupnya
  5. Semprotan

Langkah-langkah:

  1. Hancurkan daun mint dengan menggunakan blender/tumbukan.
  2. Campur daun mint yang sudah dihancurkan tadi dengan air.
  3. Taruh campuran air dan daun mint tadi kedalam semprotan.
  4. Semprotan air daun mint pada area yang biasa dilalui dan menjadi sarang tikus.
%d blogger menyukai ini: